Bitcoin Gold: yang Harus Diketahui Tentang Blockchain Pada Split Berikutnya

Bitcoin Gold: yang Harus Diketahui Tentang Blockchain Pada Split Berikutnya - Siapapun yang memiliki bitcoin akan segera bisa menerima cryptocurrency baru. Pada blok 491.407 di blockchain bitcoin, versi alternatif lain dari protokol ini akan diluncurkan, menghasilkan varian yang diberi merek Bitcoin Gold (BTG).

Proyek ini, yang berusaha memperbaiki teknologi bitcoin dengan mengubah bagaimana memberikan penghargaan yang dilakukan untuk persaingan yang kedua diluncurkan sejak Agustus melalui proses yang semakin umum yang disebut "hard fork".

Pembaca mungkin ingat istilah dari peluncuran bitcoin cash, versi alternatif dari protokol bitcoin yang memunculkan berita global utama  untuk menghasilkan jutaan miliaran dolar secara tak terduga, nampaknya keluar dari udara tipis.

Ke depan, banyak pengamat industri mengharapkan hasil yang sama kali ini, meski mungkin ada alasan antusiasme untuk marah.

Apa itu Bitcoin Gold?

Bitcoin Gold: yang Harus Diketahui Tentang Blockchain Pada Split Berikutnya
Singkatnya, Bitcoin Gold bertujuan untuk mencapai dua tujuan:
  • Pertama, Bitcoin Gold ingin mengubah cara kerja pertambangan, sehingga mesin pertambangan yang paling kuat (disebut ASIC) tidak bisa lagi digunakan.
  • Kedua, dengan menarik lebih banyak orang ke sistem ini dari waktu ke waktu, ia berharap dapat membebaskan jaringan bitcoin dari perusahaan besar yang menawarkan produk ini, dan berpendapat, memberi perintah pengaruh yang tidak semestinya pada jaringan.

Alih-alih menskalakan bitcoin untuk mendukung lebih banyak pengguna, tweak bitcoin menggigit bitcoin dalam upaya untuk "membuat bitcoin terdesentralisasi lagi." Ini, para pendukung berpendapat, akan membuat jaringan, yang dirancang untuk menawarkan cara egaliter untuk mengirim pembayaran secara digital ke seluruh dunia, dan lebih mudah diakses oleh pengguna.

Dan sementara dibuat melalui mekanisme yang sama, Bitcoin Gold berbeda dari bitcoin cash dengan beberapa cara, terutama dalam distribusinya.

Perbedaan-nya meliputi:
  • Cryptocurrency Bitcoin Gold diatur untuk dibuat terlebih dahulu (sebelum kode open-source ke publik).
  • Sekitar 1 persen dari total token kriptocurrency yang ditambang sebelum blockchain go public akan digunakan untuk membayar tim pengembangan Bitcoin Gold.
  • Setelah distribusi ini berakhir, tim mengklaim akan meluncurkan kripto-kurrensi sehingga pengguna dapat menukarkan koin mereka.

Tentu saja, sementara ini bertujuan untuk menjadi versi de facto dari bitcoin, yang lain mungkin menganggap Bitcoin Gold sebagai "altcoin" - istilah ini telah lama digunakan untuk menunjukkan adanya kripto yang diluncurkan menggunakan kode bitcoin yang ada, namun memiliki pasar alternatif atau kasus penggunaan.

Apakah Pemilik Bitcoin Akan Mendapatkan Bitcoin Gold?

Semua pemilik bitcoin akan menerima cryptocurrency pada tingkat 1 BTC sampai 1 BTG, yang mengatur panggung untuk aktivitas pasar yang mungkin terjadi.

Tapi, bukan berarti itu benar-benar intuitif untuk diambil.

Satu kekhasan yang akan lebih mudah untuk menukarkan dana dari dompet atau bursa yang mengenali kriptocurrency. Cara termudah untuk mengambil Bitcoin Gold adalah memindahkan bitcoin ke dompet atau pertukaran yang mendukung Bitcoin Gold, atau menahan bitcoin di dompet tempat Anda memiliki kunci pribadi Anda (bukan menahannya dengan pertukaran).

Sampai saat ini, 20 bursa dan dompet berjanji untuk mendukung Bitcoin Gold saat diluncurkan, menurut situs web proyek tersebut.

Meskipun salah satu bursa berbasis A.S. yang paling populer, Coinbase menyatakan pada tanggal 20 Oktober bahwa ia tidak mendukung Bitcoin Gold karena skeptisisme tentang bagaimana pengembang membuat informasi proyek tersedia bagi orang lain.

"Saat ini, Coinbase tidak dapat mendukung Bitcoin Gold karena pengembangnya belum membuat kode tersedia untuk umum untuk ditinjau. Ini adalah risiko keamanan utama," tulis surat kabar tersebut.

Ini mungkin sesuatu yang harus diperhatikan saat proyek berjalan. Meskipun proyek ini secara resmi akan dibuka pada hari Senin malam, namun belum dibuka untuk siapa saja dan semua orang, dan masih banyak yang tertinggal dalam daftar tugas pengembang.

Siapa Pengembang di balik Bitcoin Gold?

Tim di balik hard fork tampaknya merupakan kelompok yang relatif kecil.

CEO LightningAsic yang berbasis di Hong Kong Jack Liao, yang merupakan kritikus terang-terangan mengenai keadaan pertambangan bitcoin, pertama-tama mengemukakan gagasan tentang Bitcoin Gold pada bulan Juli.

Perusahaan LightningAsic menjual peralatan pertambangan, termasuk GPU, jenis perangkat keras komputer bitcoin yang seharusnya diandalkan.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada awal musim panas ini, tim tersebut telah diperluas untuk menyertakan pengembang h5x3rotab pengembang pseudonim, serta satu tim dari lima sukarelawan lainnya yang sekarang sedang mengembangkan dan mempromosikan kriptocurrency di waktu luang mereka.

Proyek ini bisa dilacak di Github dan komunitas slack group.

Bagaimana perasaan orang tentang Bitcoin Gold?

Semua itu mengatakan, bagi mereka yang tertarik untuk mengeksplorasi atau menggunakan Bitcoin Gold, perlu dicatat bahwa hal itu telah menimbulkan kontroversi.

Secara keseluruhan, tidak jelas apakah kelompok bisnis dan pertambangan pada akhirnya akan mendukung proyek tersebut, dan jika mereka melakukannya, seberapa besar nilai yang bisa dihasilkan blok alternatif tersebut.

Sebagai contoh, sementara daftar sekitar 50 bisnis dan penambang mendukung yang disebut Segwit2x fork, dukungan serupa belum terlihat untuk Bitcoin Gold. Demikian juga, meskipun uang tunai bitcoin dimulai dengan dukungan dari penambang vokal dan pertukaran-nya, Bitcoin Gold bisa dibilang belum mendapatkan keuntungan dari aktivitas awal tersebut.