Apa itu Bitcoin?

Apa itu Bitcoin? - Bitcoin adalah bentuk mata uang digital, dibuat dan dimiliki secara elektronik. Tidak ada yang mengendalikannya.

Tidak seperti mata uang pada umumnya, Bitcoin tidak dicetak, seperti dolar atau euro. Bitcoin tidak tergantung dengan mempercayai penerbit utama.

Bitcoin menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi, dan menggunakan kriptografi untuk menyediakan fungsi-fungsi keamanan dasar, seperti memastikan bahwa bitcoin-bitcoin hanya dapat dihabiskan oleh orang yang memilikinya, dan tidak pernah boleh dilakukan lebih dari satu kali.

Bitcoin diproduksi oleh orang-orang, dan semakin banyak bisnis, menjalankan komputer di seluruh dunia, menggunakan perangkat lunak yang memecahkan masalah matematika.

Ini adalah contoh pertama dari kategori uang yang berkembang yang dikenal sebagai kriptocurrency.

Apa yang membuatnya berbeda dari mata uang normal?

Apa itu Bitcoin?
Bitcoin bisa digunakan untuk membeli barang secara elektronik. Dalam hal ini, ini seperti dolar konvensional, euro, atau yen, yang juga diperdagangkan secara digital.

Namun karakteristik bitcoin yang paling penting, dan hal yang membuatnya berbeda dengan uang konvensional, adalah desentralisasi.

Tidak ada institusi tunggal yang mengendalikan jaringan bitcoin. Hal ini membuat beberapa orang merasa nyaman, karena ini berarti bahwa sebuah bank besar tidak dapat mengendalikan uang mereka.

Siapa yang menciptakannya?

Bitcoin ini di buat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto mengusulkan bitcoin, yang merupakan sistem pembayaran elektronik berdasarkan bukti matematis. Idenya adalah menghasilkan mata uang yang independen dari otoritas pusat manapun, dapat dialihkan secara elektronik, sedikit banyak langsung, dengan biaya transaksi yang sangat rendah.

Siapa yang mencetaknya?

Jenis mata uang ini tidak dicetak secara fisik dalam bayang-bayang oleh bank sentral, tidak dapat dipertanggungjawabkan pada populasi, dan membuat peraturannya sendiri. Bank-bank tersebut hanya dapat menghasilkan lebih banyak uang untuk menutupi hutang nasional, sehingga mendevaluasi mata uang mereka.

Sebagai gantinya, bitcoin dibuat secara digital, oleh komunitas orang yang bisa bergabung dengan siapapun. Bitcoin 'ditambang', menggunakan daya komputasi dalam jaringan terdistribusi.

Jaringan ini juga memproses transaksi yang dilakukan dengan mata uang virtual, yang secara efektif membuat jaringan pembayaran sendiri.

Apakah Bitcoin Jumlahnya Terbatas?

Betul. Protokol bitcoin - aturan yang membuat kerja bitcoin - mengatakan bahwa hanya 21 juta bitcoin yang dapat diciptakan oleh para penambang. Namun, koin-koin ini dapat dibagi menjadi beberapa bagian yang lebih kecil (jumlah terbagi terkecil adalah sepersejuta ratus bitcoin dan disebut 'Satoshi').

Apa itu berbasis bitcoin?

Mata uang konvensional telah didasarkan pada emas atau perak. Secara teoritis, Anda tahu bahwa jika Anda menyerahkan satu dolar di bank, Anda bisa mendapatkan kembali emas (walaupun ini sebenarnya tidak berhasil dalam praktik). Tapi bitcoin tidak berdasarkan emas; Ini berdasarkan matematika.

Di seluruh dunia, orang menggunakan program perangkat lunak yang mengikuti formula matematika untuk menghasilkan bitcoin. Rumus matematika tersedia secara bebas, sehingga siapapun bisa memeriksanya.

Perangkat lunak ini juga open source, artinya siapapun bisa melihatnya untuk memastikannya melakukan apa yang seharusnya.

Apa karakteristiknya?

Bitcoin memiliki beberapa fitur penting yang membedakannya dari mata uang yang didukung pemerintah.

1. Ini didesentralisasi
Jaringan bitcoin tidak dikendalikan oleh satu otoritas pusat. Setiap mesin yang menempa bitcoin dan memproses transaksi merupakan bagian dari jaringan, dan mesin bekerja sama. Itu berarti, secara teori, satu otoritas pusat tidak dapat bermain-main dengan kebijakan moneter dan menyebabkan krisis - atau hanya memutuskan untuk mengambil alih bitcoies dari mereka, seperti yang diputuskan oleh Bank Sentral Eropa di Siprus pada awal 2013. Dan jika beberapa Bagian dari jaringan berjalan offline untuk beberapa alasan, uang terus mengalir.

2. Mudah dipasang
Bank konvensional membuat Anda melompat melalui rintangan hanya untuk membuka rekening bank. Menyiapkan akun pedagang untuk pembayaran adalah tugas Kafkaesque lainnya, yang diliput oleh birokrasi. Namun, Anda bisa mengatur alamat bitcoin dalam hitungan detik, tidak ada pertanyaan yang diajukan, dan tanpa biaya yang harus dibayar.

3. Ini anonim
Baiklah, semacam. Pengguna dapat menyimpan beberapa alamat bitcoin, dan isinya tidak terkait dengan nama, alamat, atau informasi identitas pribadi lainnya. Namun…

4. Ini benar-benar transparan
... bitcoin menyimpan rincian setiap transaksi tunggal yang pernah terjadi di jaringan dalam versi besar buku besar umum, yang disebut blockchain. Blockchain itu menceritakan semuanya.

Jika Anda memiliki alamat bitcoin yang umum digunakan, ada yang tahu berapa banyak bitcoin yang disimpan di alamat itu. Mereka hanya tidak tahu bahwa itu milikmu.

Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan orang untuk membuat aktivitas mereka lebih buram pada jaringan bitcoin, meskipun, seperti tidak menggunakan alamat bitcoin yang sama secara konsisten, dan tidak mentransfer banyak bitcoin ke satu alamat.

5. Biaya transaksi sangat kecil
Bank Anda mungkin mengenakan biaya £ 10 untuk transfer internasional. Bitcoin tidak.

6. Cepat sekali
Anda bisa mengirim uang ke mana saja dan akan tiba beberapa menit kemudian, segera setelah jaringan bitcoin memproses pembayaran.

7. Ini tidak dapat ditolak
Saat bitcoin Anda dikirim, tidak ada yang bisa mengembalikannya, kecuali jika si penerima mengembalikannya kepada Anda. Mereka pergi selamanya.

Jadi, bitcoin memiliki banyak hal untuk itu, secara teori. Tapi bagaimana cara kerjanya, dalam prakteknya? Baca lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana bitcoin ditambang, apa yang terjadi bila transaksi bitcoin terjadi, dan bagaimana jaringan melacak semuanya.